Kisah Perawat Belia Tangani Jamaah Haji Uzur

Tenaga kesehatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). (Foto: Mohammad Saifulloh/Okezone)

Tenaga kesehatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). (Foto: Mohammad Saifulloh/Okezone)

MAKKAH – Tak banyak orang awam menyadari tanggung jawab besar yang dipikul para tenaga kesehatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Salah satu unit vital bagi jamaah haji adalah tim Pembimbing Ibadah Jemaah Udzur (PIJU). Pentingnya tim ini terpantau Media Center Haji dari kinerja dua anggotanya, yaitu Aulia Maulida dan Miftah Farid.

Setiap hari, keduanya bergantian dengan dua petugas lainnya mendampingi jamaah haji yang dirawat di KKHI. Aulia merawat pasien perempuan dan pasien yang mengalami gangguan emosi, sedangkan Miftah bertugas menangani pasien laki-laki.

"Kita membimbing jamaah di sini. Membimbing tayamum, wudhu, salat, dan lainnya," kata Aulia saat ditemui di KKHI, Makkah.

Menilik pasiennya yang 'spesial', keduanya mengaku banyak menemui peristiwa unik. Mulai dari jamaah yang menolak beribadah, marah-marah, minta dipijat, sampai menjadi teman curhat jamaah yang tak memiliki teman dan sanak saudara selama berhaji.

Terutama bagi Aulia yang merawat pasien dengan gangguan emosional. "Harus sering sabar-sabar," kata mahasiswi yang berkuliah di Yordania ini.

Sementara itu, emosi Miftah kerap diaduk-aduk karena melihat langsung momen duka saat jamaah haji meninggal. Sekira tiga pasien yang ditanganinya wafat di depan mata mahasiswa yang berkuliah di Sudan ini.

"Ini jadi pelajaran bagi saya. Istilahnya muhasabah diri apa yang kita lakukan bisa bermanfaat. Introspeksi diri juga bahwa umur kita enggak panjang," tuturnya.

Meski masih berusia muda, Aulia dan Miftah terkadang terpaksa berdebat dengan jamaah yang memaksa agar tetap melakukan ibadah, padahal kondisinya tak memungkinkan.

Meski puncak haji di Armina telah lewat, tugas keduanya belum tuntas. Saat ini, ada sekira 97 orang yang dirawat di KKHI Makkah. Rata-rata, pasien merupakan lansia dan membutuhkan perhatian khusus.

(erh)
Live Streaming
Logo
breaking news x