Salah Jurusan Kuliah, Harus Bagaimana?

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Memilih jurusan seharusnya jangan sampai salah, karena jika salah hal itu akan merugikan diri kita sendiri baik waktu, tenaga maupun finansial.

Namun bagaimana dengan siswa yang sedang menjalani studi dengan jurusan yang tidak sesuai? Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika kamu terlanjur memilih jurusan yang sama.

Tetap Belajar

Meski namanya salah jurusan, kamu tetap tidak boleh melupakan kewajibanmu untuk belajar. Karena ilmu apapun yang kamu pelajari saat ini tetaplah berguna untuk masa depanmu.

Cari Kegiatan di Luar

Jika kamu merasa apa yang kamu pelajari saat ini belum sesuai dengan passionmu, cobalah untuk mencari berbagai kegiatan di luar gedung perkuliahan. Dengan begitu kamu akan banyak menghabiskan waktu dengan berbagai hal positif.

Pelajari Skill Baru

Cobalah mencari tempat yang bisa memberikanmu belajar tentang hal baru. Sehingga kamu tidak kehilangan waktu untuk bisa mengembangkan diri meskipun salah jurusan.

Semangat

Salah jurusan kuliah bukan akhir dari segalanya. Karena itu, tetaplah semangat dalam mengejar apa yang dicita-citakan. Kamu pun masih memiliki kesempatan untuk meraih apa yang diinginkan, seperti mengambil jurusan yang kamu sukai di jenjang selanjutnya.

(sus)
breaking news x