Program Ini Bantu Peningkatan Kulitas Pendidikan Tinggi Indonesia

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - USAID bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) melalui program Higher Education Leadership and Management (HELM). Kerjasama tersebut sudah berlangsung sejak 2011 sampai 2016 untuk meningkatkan kapasitas serta performa pendidikan tinggi Indonesia di seluruh negeri.

USAID HELM sendiri mendukung institusi ini untuk membangun kemampuan dalam bidang kepemimpinan, administrasi, menajemen finansial, kualitas asurasi sampai penelitian. Dimana tujuan dari ini semua adalah untuk meraih kampus kelas dunia, kualitas pendidikan bagi siswa Indonesia.

"Ini merupakan hal yang penting bagi pendidikan tinggi untuk menciptakan sistem yang bisa mendukung akses pada sumber data, jarigan serta pengembangan profesioal serta manajemen. Sistem ini juga kritis dalam memperbaiki kualitas pendidikan tinggi di Indonesia," ungkap Dirjen Kelembagaan, Patdono Suwigno, seperti dinukil dari rilis yang diterima Okezone, Kamis (22/9/2016).

Sementara itu, Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Brian McFeeters menuturkan perubahan ekonomi di Indonesia ini mengharuskan tenaga kerja di Indonesia perlu diberikan pendidikan, kemampuan serta pengetahuan yang berbasis pada ekoomi.

"Amerika Serikat bangga bisa menjadi mitra bersama pemerintah Indonesia yang berinisiatif memulai penelitian yang inovatif, memperluas akses pada kualitas tinggi serta pendidikan vokasi.

Selain itu, Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, juga menuturkan bahwa setelah program ini dijalankan, kampusnya berhasil naik dari akreditasi C menjadi A.

"Setelah program USAID HELM ini intensif dijalankan, kami bisa meningkatkan level dari akreditas C menjadi A di BAN-PT," tambahnya.

(sus)
breaking news x