Cara Mahasiswa Bijak Gunakan Media Sosial

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA - Media sosial saat ini ampuh untuk menunjukkan eksistensi diri kepada banyak orang. Tak jarang media sosial juga dimanfaatkan untuk berbisnis sehingga menghasilkan keuntungan bagi pemakainya.

Setelah kuliah, tentu mahasiswa harus lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Sebab, rekam jejak dalam media sosial akan mempengaruhimu saat mencari kerja nanti. Tak sedikit HRD perusahaan yang mengecek akun media sosial kandidat sebelum memanggilnya untuk wawancara kerja.

Pertama, buat media sosialmu menjadi wadah berekspresi yang positif. Pasalnya, apa yang dituangkan dalam media sosial dapat menjadi awal untuk menilai karaktermu.

Jangan mem-posting sesuatu yang dapat menimbulkan kontroversi. Mengutip dari Fastweb, seseorang harus bijak dalam mem-posting lantaran yang melihat bukan hanya diri sendiri melainkan banyak orang. Jadi, jika ada hal yang sifatnya personal lebih baik atur supaya akunmu terkunci.

Selanjutnya, terdapat beberapa tata krama dalam mem-posting seseuatu di media sosial. Misalnya, hindari hal-hal yang dapat menyinggung pihak lain, meski kamu punya pandangan berbeda. Berbagilah informasi yang bermanfaat, terlebih bisa mengedukasi orang lain.

Ketiga, hati-hati dengan informasi lokasi tempatmu mem-posting sesuatu. Untuk menghindari aksi kejahatan, jangan sembarang menerima teman di media sosial jika kamu tidak mengenalnya dengan baik.

Dalam menggunakan media sosial, kamu juga harus mengingat bahwa apa yang telah di-posting tidak bisa hilang begitu saja. Meski telah dihapus, ada kemungkinan seseorang sempat menyimpan posting-an tersebut.

(sus)
breaking news x