Era Digital, Guru Perlu Ubah Mindset

Foto: Okezone

Foto: Okezone

JAKARTA - Perkembangan teknologi telah mengubah dunia. Hal ini membuat kehidupan manusia tak terpisahkan dengan teknologi dan informasi (IT). Dalam pendidikan, teknologi juga terus berkembang untuk menyiapkan lulusan yang dibutuhkan industri.

Menghadapi kemajuan teknologi, Corporate Affairs Director Microsoft Indonesia, Ruben Hattari mengungkapkan, saat ini industri juga turut bekerja sama dengan para pendidik, seperti guru. Menurut dia, di abad ke-21 ini mindset dan peran guru telah berubah.

"Guru bukan lagi sebagai pendikte tetapi merupakan seorang fasilitator bagi siswanya," ucapnya di Kemdikbud, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Terkait hal tersebut pihaknya ingin agar para guru di sekolah bisa melek teknologi. Sebab, mereka merupakan ujung tombak dari pendidikan generasi penerus bangsa. Guru, lanjut dia, harus mengetahui teknologi terkini.

"Guru harus berdaya karena anak zaman sekarang begitu lahir sudah kenal gadget. Karena itu kami juga punya komunitas guru untuk bisa diberi pelatihan teknologi yang bisa diterapkan untuk mengajar," terangnya.

Sedangkan Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika, Woro Indah Widiastuti menyebut, guru yang kompeten di bidang IT butuh pelatihan. Sehingga dia pun mendorong pihak swasta, seperti Microsoft mampu memberikan pelatihan tak hanya kepada siswa tetapi juga guru. Jangan sampai guru kalah pintar dengan muridnya.

"Muridnya jauh lebih pintar dari gurunya. Posisi ini terjadi di Indonesia apalagi di luar Jawa. Oleh karena itu saya mohon pelatihan jangan diarahkan pada muridnya tapi juga gurunya. Karena bagaimana mereka mau jadi fasilitator kalau kemampuannya di bawah anak didiknya," pungkasnya.

(sus)
breaking news x