facebook pixel

Peugeot-Citroen Bakal Ambil Alih Proton Malaysia?

Peugeot-Citroen merespons proposal dari Proton (Foto: Reuters)

Peugeot-Citroen merespons proposal dari Proton (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR - Produsen mobil asal Prancis yang memproduksi kendaraan merek Peugeot dan Citroen, PSA, dilaporkan telah merespons proposal kerja sama yang diajukan Proton.

Dilaporkan Reuters, DRB-Hicom selaku pemilik Proton telah menawarkan penjualan saham untuk kelanjutan nasib perusahaan mobil nasional Malaysia itu. Proton belakangan ini sedang menghadapi masalah keuangan menyusul anjloknya penjualan produk. Ditambah lagi kondisi politik di Malaysia yang turut menggoyang perusahaan yang didirikan oleh mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad itu.

"Peugeot mengonfirmasi sudah merespons proposal yang diajukan Proton dan DRB-Hicom," kata seorang juru bicara PSA di Paris. Namun ia tidak menyebutkan secara detail bagaimana bentuk respons tersebut, termasuk apa saja isi dari proposal yang diajukan Proton.

Sementara itu, seorang sumber di Malaysia menyatakan bahwa Proton sudah mengirim proposal ke hampir 20 produsen automotif global pada awal 2016. Proton tidak mengenyampingkan melepas sebagian besar sahamnya, termasuk menjual merek mobil sport asal Inggris, Lotus, yang berada di bawah naungannya.

Selain PSA, dua produsen automotif besar lain yakni Renault SA dan Suzuki Motor dilaporkan juga merespons proposal Proton. Namun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari Proton, DRB-Hicom, Renault, maupun Suzuki.

(ton)
​