facebook pixel

Jelang Show di Paris, Honda Ungkap Proses Produksi Civic Hatchback

Honda Civic hatchback (Foto: Youtube)

Honda Civic hatchback (Foto: Youtube)

LONDON – Sebelum melakukan debut internasional di gelaran Paris Motor Show 2016 pada awal Oktober mendatang, generasi ke-10 Honda Civic hatchback mulai diproduksi di pabrik Swindon, Inggris. Civic hatchback akan dipasarkan ke lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia.

Sebelum memproduksi Civic hatchback, Honda telah memperbarui pabrik Swindon dengan mengucurkan dana sebesar USD200 juta atau sekira Rp2,6 triliun. Sekarang pabrik tersebut sudah beroperasi dan Honda memberikan kesempatan kepada publik untuk melihat langsung proses produksi Civic hatchback.

Melalui video berdurasi 15 menit, Honda memperlihatkan proses produksi dari masih dalam bentuk rangka hingga berbentuk sempurna dan siap didistribusikan.

Dari video tersebut tampak proses produksi dibantu oleh robot. Namun untuk perakitan komponen suspensi, instalasi eksterior, polishing, sampai mobil selesai, masih dilakukan oleh tenaga manusia.

Sebagaimana dilaporkan Carscoops, Jumat (23/9/2016), di Eropa, Civic hatchback terbaru akan tersedia dengan mesin tiga silinder, 1,0 liter, turbo yang dapat menghasilkan tenaga 127 hp. Ada juga pilihan mesin 1,5 liter turbo empat silinder bertenaga 180 hp. Honda juga bakal menawarkan mesin diesel.

Tidak hanya di Inggris, Honda Civic hatchback juga akan dibuat di pabrik Honda di Gebze, Turki.

Honda Civic hatchback akan bersaing dengan model-model lain yang sudah lebih dulu berada di pasaran seperti Volkswagen Golf GTI dan Ford Focus ST.

Volkswagen Golf GTI dibekali dengan mesin 2,0 liter empat silinder turbo yang dihubungkan ke transmisi enam percepatan manual. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 210 hp. Sementara itu Ford Focus ST memiliki mesin 2,0 liter EcoBoost bertenaga 252 hp. (san)

(ton)