facebook pixel

Berputar 24 Jam, 14 Truk Bentuk Konfigurasi Jarum Jam Terbesar

Konfigurasi jam terbesar di dunia menggunakan truk (foto: Autoevolution)

Konfigurasi jam terbesar di dunia menggunakan truk (foto: Autoevolution)

STOCKHOLM - Sebanyak 14 truk Scania membuat konfigurasi jarum jam, yakni penunjuk jam, menit, dan detik. Hebatnya, truk-truk itu bukan sekadar berputar seperti jam, namun benar-benar berfungsi layaknya penunjuk waktu sungguhan. Jika ditotal pergerakan ke 14 truk itu sama saja dengan berputar mengelilingi lahan luas 66 ribu kilometer persegi.

Seluruh truk dioperasikan selama 24 jam penuh yang melibatkan 90 pengemudi. Mereka menyetir secara bergantian. Demikian seperti dikutip dari Autoevolution, Jumat (23/9/2016).

Agar truk berjalan selaras, produsen truk premium Swedia itu menggunakan teknologi terbaru bernama telematics system on board.

Teknologi tersebut memungkinkan truk berjalan secara sinergis, mulai dari penentuan kecepatan dan arah kemudi. Selain itu, teknologi tersebut mampu memberi informasi mengenai konsumsi bahan bakar dan kondisi kendaraan jika terjadi kerusakan.

Scania menggunakan truk model S-series, yang berjalan untuk menunjukkan waktu. Truk bermesin DC13 dengan kapasitas 13.000 cc itu menghasilkan tenaga 500 hp dengan torsi sebesar 2.550 nm. Truk ini juga telah memiliki standar emisi Euro6.

(ton)
​