Teman Dekat Putin Yakin Donald Trump Presiden AS Berikutnya

Teman dekat Putin jagokan Donald Trump sebagai Presiden AS berikutnya (Foto: Mike Segar/Reuters)

Teman dekat Putin jagokan Donald Trump sebagai Presiden AS berikutnya (Foto: Mike Segar/Reuters)

MOSKOW – Salah satu rekan terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin, Sergei Roldugin, meyakini Donald Trump akan menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) berikutnya menggantikan Barack Obama. Namun, tetap saja tidak akan ada pemimpin di Barat yang mampu menyaingi sosok Vladimir Putin.

Pria berusia 64 tahun itu adalah teman masa kecil dari Putin sekaligus Bapak Baptis bagi putri sulungnya, Yekaterina Putinova. Nama Roldugin mulai tenar sejak masuk ke dalam Panama Papers, bocoran dokumen dari Mossack Fonseca yang menghebohkan dunia beberapa waktu lalu.

“Saya tahu siapa yang akan menang di Amerika. Anda bisa mengeceknya nanti. Donald Trump akan menang. Saya tidak mengatakan merasa euforia akan kemenangan Trump, tetapi dia sempat bilang akan bekerja sama dengan Putin, sementara Hillary tidak,” ujar Roldugin, seperti dimuat Reuters, Jumat (23/9/2016).

Kandidat Partai Republik itu selama ini dikritik keras oleh saingannya, Hillary Clinton, karena memuji Vladimir Putin sebagai sosok pemimpin yang kuat. Donald Trump bahkan ingin meningkatkan hubungan dengan Moskow di mana selama ini kedua negara berseberangan dalam konflik Ukraina dan Suriah.

Kremlin sendiri selama ini berusaha untuk tetap netral dalam pemilihan presiden yang akan berlangsung 8 November 2016. Rusia mengaku akan menghormati siapa saja yang dipilih oleh warga Negeri Paman Sam. Namun, salah satu media yang dibiayai pemerintah, condong memberikan dukungan kepada Donald Trump yang disebut Putin sangat berbakat.

(war)
breaking news x