Foto Paspor Ibu Negara AS Bocor ke Publik

Foto paspor milik Michelle Obama bocor ke publik (Foto: Andrew Kelly/Reuters)

Foto paspor milik Michelle Obama bocor ke publik (Foto: Andrew Kelly/Reuters)

WASHINGTON – Sebuah foto mengejutkan muncul di jagat maya Amerika Serikat (AS). Gambar yang diduga hasil salinan pemindaian paspor Ibu Negara Michael Obama bocor beserta akun surat elektronik (surel) pribadi seorang staf Gedung Putih yang bekerja bersama tim kampanye Hillary Clinton.

Pihak Gedung Putih menolak untuk mengomentari keabsahan bocoran paspor tersebut. Tetapi, Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest mengaku pihaknya akan melihat masalah tersebut secara serius.

“Kami sudah tahu dari laporan media. Kami akan mendalaminya,” ujar Jaksa Agung Loretta Lynch, seperti dimuat Reuters, Jumat (23/9/2016).

Akun surel yang dipublikasikan tersebut diduga milik staf Gedung Putih bernama Ian Mellul. Akun tersebut berisi informasi perencanaan logistik bagi kampanye Hillary Clinton berikutnya. Ini adalah serangan terbaru yang diduga sengaja menargetkan serangkaian politikus AS oleh kelompok yang menyebut diri mereka sebagai DC Leaks.

Ahli keamanan siber dan pejabat badan intelijen AS yakin, DC Leaks memiliki hubungan dengan pemerintah Rusia. Sebelumnya, kelompok tersebut berhasil menembus pertahanan komputer milik Partai Demokrat sehingga membocorkan sejumlah informasi penting.

(war)
breaking news x