Jet Tempur Inggris Cegat Sepasang Pesawat Pengebom Milik Rusia

Pengebom TU-160M Rusia. (Foto: Sputnik)

Pengebom TU-160M Rusia. (Foto: Sputnik)

LONDON – Jet tempur Inggris, Typhoon, mencegat dua pesawat pengebom milik Rusia di dekat wilayah udara Inggris pada Kamis 22 September. Pihak Kementerian Pertahanan Inggris mengungkapkan, jet tempur Typhoon tersebut lepas landas dari Skotlandia.

Jet-jet tempur itu, yang diketahui lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Inggris Lossiemouth, mengawal dua pesawat pengebom Tu-160 Blackjack hingga meninggalkan wilayah udara Inggris.

"Tidak satu titik pun dari wilayah Inggris yang bisa dimasuki oleh pesawat terbang Rusia," isi pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (23/9/2016).

Pencegatan pesawat Rusia yang dilakukan NATO telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di tengah ketegangan yang meningkat antara Barat dan Moskow atas krisis di Ukraina.

Pada 2014, Rusia juga menganeksasi Krimea setelah memisahkan diri dari Ukraina. Namun, Ukraina dan Barat tak terima dan tidak pernah mengakui hal tersebut. Sejak saat itu, negara-negara Baltik pecahan Soviet yang sudah bergabung dengan NATO (Estonia, Latvia, dan Lithuania) khawatir Rusia akan melakukan agresi.

Guna menepis kekhawatiran tersebut, NATO mengerahkan kekuatan militernya di Baltik. Pada tahun ini, jet-jet tempur Inggris juga dikerahkan di Baltik bersama jet tempur Portugal yang berbasis di Lithuania. Tahun lalu jet-jet tempur Inggris terlibat 17 kali pencegatan terhadap lebih dari 40 pesawat Rusia.

(dka)
breaking news x