Hillary Clinton

Sosok Hillary Clinton yang menjadi calon presiden perempuan pertama di AS yang didukung sepenuhnya oleh partai besar (Foto: Reuters)

Sosok Hillary Clinton yang menjadi calon presiden perempuan pertama di AS yang didukung sepenuhnya oleh partai besar (Foto: Reuters)

HILLARY Clinton lahir pada 26 Oktober 1947 di Kota Chicago, Negara Bagian Illinois. Ia meraih gelar hukumnya di Universitas Yale. Di sana, ia juga bertemu dengan Bill Clinton yang akhirnya menjadi suaminya hingga kini.

Ketika Bill Clinton terpilih menjadi Presiden Negeri Paman Sam, Hillary menjadi ibu negara pada 1993 hingga 2001. Namun di 1998, Hillary didesak oleh pejabat di Partai Demokrat untuk menggantikan Senator Daniel Patrick Moynihan yang mengundurkan diri sebagai Senator New York.

Dengan membulatkan tekad, akhirnya Hillary memutuskan untuk mengikuti pemilihan, dan ia terpilih menjadi Senator New York pada 2001 hingga 2009. Tidak puas dengan posisinya, Hillary mulai mengincar jabatan nomor satu di Amerika Serikat. Tepatnya pada awal 2007, ketika masih menjadi senator, Hillary mengumumkan bahwa ia mencalonkan diri untuk menjadi Presiden AS.

Namun, pencalonan itu kandas ketika ia mengundurkan diri dari pencalonan presiden pada US Primaries Election 2008 dan membuat Barack Obama menjadi calon tunggal dari Partai Demokrat.

Ketika Obama memenangkan Pilpres AS 2008, ia melihat terdapat potensi di dalam diri Hillary yang kuat. Oleh karena itu, Obama mengangkatnya sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) AS pada Januari 2009 hingga 2013.

(emj)
1 / 3
breaking news x