Warganet Murka Lihat Hasil Restorasi Tembok Besar China

Hasil pekerjaan restorasi Xiaohekou membuat warganet di China marah. (Foto: Weibo)

Hasil pekerjaan restorasi Xiaohekou membuat warganet di China marah. (Foto: Weibo)

BEIJING – Para pengguna media sosial di China murka setelah melihat foto hasil pekerjaan proyek restorasi bangunan bersejarah Tembok Besar China yang tersebar di dunia maya. Satu bagian tembok yang berusia 700 tahun itu tampak tertutup semen dan menjadi sebuah jalan setapak yang rata.

Bagian tembok yang dikenal dengan nama Xiaohekou tersebut dibangun ketika masa Dinasti Ming pada 1381. Sebelum direstorasi, Xiaohekou yang terbentang sepanjang 8 kilometer di Provinsi Liaoning, China, itu dikenal sebagai salah satu bagian terindah dari Tembok Besar China yang belum disentuh.

Namun setelah restorasi berjalan, anak tangga Xiaohekou yang tadinya tidak simetris, rapuh, dan ditumbuhi tanaman kini digantikan dengan cor beton yang terlihat putih sepanjang mata memandang. Pekerjaan serampangan yang terkesan asal jadi itu menimbulkan kemarahan warganet di China.

“Ini tampak seperti pekerjaan orang yang tidak lulus sekolah dasar. Jika seperti ini hasilnya, lebih baik tembok itu kalian ledakkan saja,” kata salah seorang pengguna media sosial China, Weibo, sebagaimana dilansir Straits Times, Jumat (23/9/2016).

Netizen lain juga menyampaikan kemarahannya, “Perlakuan brutal terhadap monumen yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita! Bagaimana orang dengan kesadaran budaya yang rendah bisa mendapatkan posisi pimpinan? Kenapa kita tidak ratakan juga Kota Terlarang di Beijing?”

(dka)
1 / 2
breaking news x