Khawatir Ancaman China & Pakistan, India Beli 36 Pesawat Tempur Prancis

India beli 36 pesawat tempur Rafale buatan Pranncis (Foto: AFP)

India beli 36 pesawat tempur Rafale buatan Pranncis (Foto: AFP)

NEW DELHI  - Pemerintah India dilaporkan telah menandatangani kesepakatan pembelian 36 jet tempur Rafale dari Prancis. Dengan pembelian tersebut, India harus mengucurkan dana sebesar USD8,7 miliar atau setara Rp113 triliun. Kesepakatan ini ditandatangani oleh Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar dan Menteri Pertahanan Prancis, Jean Yves Le Drian.

Kesepakatan dalam jumlah fantastis itu dinilai sangat penting bagi Angkatan Bersenjata India. Pembelian ini berguna memperkuat pertahanan Angkatan Udara India (IAF). Sebab, India hanya memiliki 33 skuadron pesawat tempur. Setiap skuadron terdiri dari 18 pesawat tempur. Demikian sebagaimana dilansir Hindustan Times, Jumat (23/9/2016).   

Dengan 33 skuadron pesawat tempur, IAF mengakui masih kekurangan armada tempur untuk melawan ancaman yang berasal dari dua negara. India masih membutuhkan 45 unit pesawat tempur untuk melawan ancaman yang datang dari China dan Pakistan.

Jika 36 pesawat Rafale asal Prancis dibeli India, maka dapat mempermudah IAF menyerang tim musuh baik yang berada di Pakistan ataupun musuh yang memasuki ruang udara India. Pemerintah Narendra Modi tergiur membeli 37 pesawat Rafale setelah Prancis membebaskan jaminan uang muka. Dengan kesepakatan ini, India dapat menghemat dana sampai 134 juta euro.

(FIK)
breaking news x