Erdogan Murka AS Pasok Senjata ke Militan Kurdi

Presiden Erdogan dan Barack Obama (Foto: Reuters)

Presiden Erdogan dan Barack Obama (Foto: Reuters)

ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding bahwa Amerika Serikat (AS) telah memasok senjata ke pemberontak Kurdi di Suriah Utara. Atas tindakan tersebut, Presiden Erdogan menjadi marah besar.

Tudingan itu disampaikan Presiden Erdogan dalam pidatonya di New York untuk mewakili komunitas Turki di AS. "Tiga hari yang lalu, AS mendaratkan dua pesawat beserta senjata. Dimana? di Kobani. Untuk siapa? untuk PYD dan YPG," ujar Erdogan, sebagaimana dilansir Fox News, Jumat (23/9/2016).  

Salah satu surat kabar Pemerintah Turki Yeni Safak mengatakan Presiden Erdogan juga menuding bahwa Washington sebelum ini juga pernah melakukan tindakan yang sama. Menurut Erdogan, setengah dari senjata tersebut diberikan kepada kelompok militan radikal ISIS dan sisanya diberikan kepada Partai Persatuan Demokratik Kurdi (PYD).

Menyikapi hal tersebut, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan transfer senjata oleh AS kepada milisi Kurdi di Suriah merupakan hal yang amat menyedihkan. “Seseorang (satu negara/organisasi) tidak harus melawan organisasi teroris dengan menggunakan organisasi teroris lainnya," ujar Kepala Pemerintah Turki.

(war)
breaking news x