Pilkada Serentak Alasan Pergantian Kapolda Metro dan Aceh

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

JAKARTA - Aceh dan Jakarta resmi memiliki Kapolda baru. Untuk Jakarta, jabatan Kapolda diamanahkan kepada Irjen Pol Muhammad Iriawan. Sementara Aceh akan dijabat oleh Brigjen Pol Rio Septianda Djambak.

Dua provinsi ini merupakan daerah yang diberikan atensi khusus oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk pengamanan Pilkada.

"Selamat kepada Pak M Iriawan. ‪Selamat bertugas, tapi tugas baru akan berat, Ada pilkada yang sebentar lagi yang mungkin lumayan panas, tapi harapan saya sangat besar agar bapak bisa kendalikan Jakarta," kata Tito dalam amanatnya kepada M Iriawan di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (23/9/2016).

M Iriawan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Propam Polri. Selain itu dia pernah menjabat sebagai Kapolda NTB dan Kapolda Jawa Barat.

Sementara itu Kapolri juga memberikan amanat terkait Pilkada yang akan digelar serentak 15 Februari 2017 mendatang kepada Kapolda Aceh yang baru.

"‪Kemudian pada Bapak Rio, pengalaman di wilayah konflik sangat banyak sekali, Ambon, Timor-Timur, Sulawesi, apalagi di wilayah Aceh sudah bolak-balik, Aceh bukan tempat baru bagi pak Rio‬. Selamat bertugas, Pilkada sebentar lagi," katanya.

Sekadar informasi, Rio Septianda Djambak sebelumnya adalah Wakapolda Aceh. Dia mendapatkan promosi jabatan menggantikan Irjen M Husein Hamidi. Pilkada di Aceh dan Jakarta yang dinilai cukup panas, jelas Tito, menjadi salah satu dasar rotasi jabatan.

"Aceh dan DKI, pilkada cukup panas, ini yang menjadi dasar rotasi ini dilakukan secepat mungkin, sehingga masih ada waktu lima bulan lagi untuk Kapolda Metro dan Aceh untuk konsolidasi," tukasnya.

(put)
breaking news x