Muhammadiyah Minta Wiranto Libatkan Ormas Islam dalam Pengamanan Pilkada

JAKARTA - Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simajuntak mendatangi kantor Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan untuk membicarakan sejumlah isu penting.

Salah satunya, ia meminta kepada Menko Polhukam Wiranto untuk melibatkan Ormas seperti Muhammadiyah dalam persiapan Pilkada serentak 2017.

Dahnil menyoroti pentingnya pemahaman mengenai keberagaman dalam budaya demokrasi. Jangan sampai isu sensitif mengenai Suku, Ras, Agama, dan Antargolongan (SARA) mewarnai jalannya Pilkada.

"Kalau kelompok-kelompok masyarakat seperti Muhammadiyah dan kelompok-kelompok agama lainnya itu bisa dilibatkan dalam upaya menyampaikan pesan-pesan, Indonesia modal dasar kita, negara kita, itu adalah keragaman itu," kata Dahnil di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Dahnil memandang, segala upaya mempolitisasi keberagaman untuk kepentingan tertentu adalah tindakan yang tidak sehat bagi demokrasi. Jangan sampai kepentingan politik merusak keberagaman harmonis yang menjadi dasar terbetuknya Bangsa Indonesia.

"Upaya-upaya ini, mempolitisasi keragaman itu bagi kita tidak sehat. Kita membrikan warning kepada perintah dalam hal ini Kemenko Polhukam lebih aktif melakukan komunikasi terhadap publik," tukas dia.

(aky)
breaking news x