Menko Polhukam Optimis Pelaksanaan Pilkada Serentak Aman

JAKARTA - Menteri Koordinator Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, jika semua pihak yang terlibat dalam Pilkada menaati aturan, maka konflik dan pelanggaran bisa dihindari.

Dirinya pun mengimbau, baik pemilih, kontestan, maupun penyelenggara pilkada agar tak terprovokasi isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

"Tatkala pemilihnya tidak terprovokasi, melaksanakan pemilihan dengan tertib pasti tidak akan ada masalah. Tapi kalau dalam penyelenggaranya tidak macam-macam, tentunya juga tidak akan menimbulkan masalah," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Apalagi, lanjut dia, saat ini aparat keamanan sudah siaga. "Jadi sebenarnya imbauan saya adalah bahwa dalam kontestannya, masyarakat pemilihnya, penyelenggaranya, aparat keamanannya merasa ini milik kita bersama dan kita wajib menjaganya, pasti tidak ada masalah," terangnya.

Selain itu, Wiranto juga mengaku optimis Pilkada serentak 2017 tidak akan menemui hambatan berarti. Sebab, hal ini merupakan proses demokrasi yang sudah disepakati bersama.

"Semuanya harus optimis, ini adalah proses demokrasi yang kita sepakati bersama. Aturannya sudah ada, panitianya sudah ada, kontestan sudah ada, pemilih ada, kalau semua ikut aturan, maka tidak akan ada masalah dan tidak perlu ada masalah sebenarnya," tutup Wiranto.

(aky)
breaking news x