Selain Agus Yudhoyono, Ada Prajurit TNI Lain yang Maju dalam Pilkada

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebut ada prajurit karir tentara yang ikut serta dalam pemilihan kepala daerah serentak 2017 selain Agus Harimurti Yudhoyono.

Sesuai laporan awal, ada dua anggota TNI yang maju selain di Jakarta. Namun, dirinya masih sebatas mendengar konfirmasi awal saja.

"Saya monitor di Jawa Tengah dan Jawa Barat ada tapi belum ada laporan yah. Saya belum mendapatkan laporan dari Pak KSAD lagi," ujar Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (23/9/2016).

Namun, saat ditegaskan oleh para media soal prajurit lain, Gatot mengkonfirmasi hal tersebut. Ia menjelakan kebanyakan memang dari kalangan TNI AD. "Ada iya ada dan kebanyakan AD," terangnya.

Sebelumnya, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni segera mendaftarkan diri ke KPU DKI Jakarta untuk maju pilgub. Pasangan itu diusung oleh empat partai, yakni, Demokrat, PAN, PPP dan PKB.

Anak mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu juga sudah mengajukan surat pengunduran diri dari Kesatuan TNI. Surat tersebut saat ini sudah diterima oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD).

"Mayor Agus sudah ajukan pengunduran diri karena mau mengikuti Pilkada. Karena itu kan keinginan lndividu tidak bisa ditolak dan surat sudah diajukan ke Pak KASAD," pungkas Gatot.

(aky)
breaking news x