Panglima TNI Sayangkan Langkah Agus Yudhoyono Maju di Pilgub DKI

Agus Harimurti Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono

JAKARTA - Agus Harimurti Yudhoyono telah memutuskan untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub DKI 2017 untuk menjadi calon gubernur .

Dirinya maju bersama Sylviana Murni yang menjadi calon wakil gubernur dengan diusung oleh Partai Demokrat, PPP, PAN, dan PKB.

Keputusan itu pun ditanggapi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang mengaku sedikit menyayangkan pilihan dari anak mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu untuk melepas karir TNI.

"Saya menyayangkan. Saya sudah siapkan kader. Lihat kadernya pilih berpolitik, berat tapi itu hak pribadi. Yang lainnya pasti nanti ada lagi," ucap Gatot saat konferensi pers di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (23/9/2016).

Gatot menceritakan, Agus sebenarnya memiliki segudang prestasi sejak baru masuk dunia akademik militer TNI. Dia merupakan salah satu prajurit terbaik yang dimiliki oleh TNI untuk memajukan militer Tanah Air.

"Terus terang saja, Mayor Agus ini sejak SMA Taruna dia nomor 1. Nilai sampai sekarang belum ada yang menyaingi. Kemudian ketika lulus di Akmil memperoleh Adhi Makayasa yang belum tersaingi. Dia tiga-tiganya dapat. Mental, Fisik, dan intelketual. Bapaknya (SBY) belum jadi presiden saat itu," cerita Gatot.

"Kemudian saya mempunyai program waktu jadi kasad reformasi TNI, doktrin-doktrin, pertempuran saya kumpulkan angkatan 2004-90 terbaik, saya kumpulkan mayor Agus masuk situ salah satu kader yang disiapkan," tambahnya.

Akan tetapi, mantan KSAD itu mengatakan tetap akan menghargai keputusan tersebut. Bahkan, sejak awal pihaknya telah langsung menyetujui pengunduran diri Agus dari prajurit aktif TNI tanpa ada paksaan untuk menarik kembali niat tersebut.

"Saya berat tapi itu pilihan pribadi, hak pribadi. Saya harus melepaskan itu. Suratnya sudah diterima oleh KSAD. Sudah disetujui oleh KSAD. Pada saat resmi mendaftarkan langsung disetujui," tutup jenderal bintang empat itu.

(aky)
breaking news x