Empat Polantas Pungli di Sumut Akan Jalani Sidang Disiplin

Potongan video polisi memeras pengendara di Jalinsum, Labuhanbatu, Sumatera Utara (Istimewa)

Potongan video polisi memeras pengendara di Jalinsum, Labuhanbatu, Sumatera Utara (Istimewa)

MEDAN - Empat polisi lalu lintas (Polantas) yang melakukan pungutan liar (pungli) di Jalan Lintas Sumatera, Kabupaten Labuhanbatu telah selesai diperiksa Bidang Propam Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara.

Menurut Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting, setelah keempat polantas tersebut selesai diperiksa propam, mereka dipulangkan ke tempatnya mereka bertugas yakni Polres Labuhanbatu.

"Keempat oknum anggota polantas tersebut sudah selesai dilakukan pemeriksaan awal oleh Bidang Propam dan kemarin sore sudah diantarkan kembali kepada atasannya," kata Rina, Jumat (23/9/2016).

Walau sudah selesai diperiksa propam, keempat polantas yang terekam kamera melakukan pungli dan videonya jadi viral di media sosial itu masih harus menunggu sidang disiplin untuk dijatuhi sanksi.

"Untuk selanjutnya diproses melalui sidang disiplin. Kita tunggu saja hasil sidangnya karena sanksi diberikan setelah ada putusan sidang disiplin. Belum bisa dipastikan kapan selesai sidangnya," ujar Rina.

Dia menambahkan, sanksi indisiplin bisa berupa penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat paling lama satu tahun, mutasi yang bersifat demosi dan pembebasan dari jabatan.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Yusuf mengatakan, setelah video pungli empat polantas jadi viral di media sosial, dia langsung memanggil selurut Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) di Sumut untuk diberikan pengarahan.

"Kita memanggil para Kasat Lantas untuk lebih mengoptimalkan manajerial terutama pengawasan terhadap pelaksanaan tugas anggota di lapangan," sebut Yusuf.

Sebelumnya, video polantas terekam jelas sedang pungli terhadap pengendara di Jalan Lintas Sumatera, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut saat razia kendaraan. Pungli tersebut mendapat banyak kecamaan dari masyarakat. Apalagi selama ini Jalinsum dikenal salah satu kawasan rawan pungli aparat.

 

(sal)
breaking news x