Wakapolri Imbau Munculkan Politik Santun di Pilkada Serentak

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin

MAKASSAR - Wakil Kepala Kepolisian Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Syafruddin mengimbau kepada seluruh jajarannya agar senantiasa menjaga soliditas menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2017 mendatang.

Yang tak kalah penting kata dia, semua pihak diimbau agar memunculkan politik santun demi menjaga pelaksanaan pilkada secara aman dan lancar.

"Imbauan saya tentunya harus terus menjaga soliditas. Tinggalkan politik hegemoni dan munculkan politik bersantun," jelas Wakapolri Komjen Pol Syafruddin di Makassar, Jumat (23/9/2016).

Hal itu disampaikannya menanggapi persiapan jelang pilkada khususnya di wilayah Sulselbar.

Khusus mengenai kondisi di Sulawesi Barat yang akan segera menggelar pemilihan kepala daerah, lanjut Syafruddin, dirinya juga menegaskan jika wilayah itu dalam kondisi aman.

"Untuk Sulbar, saya baru dari sana dan juga solid. Intinya munculkan politik yang bersantun dan tinggalkan politik hegemoni," ujarnya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat, memutuskan untuk membatasi jumlah massa pengiring yang hadir saat pendaftaran bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur.

"Jadi, kita telah sepakati dalam rapat koordinasi terkait aturan dalam proses pendaftaran bakal calon. Salah satu poin terpenting ialah dengan membatasi jumlah massa yang hadir ke KPU sebanyak 100 orang. Nantinya, kami akan siapkan tenda di pelataran kantor KPU dan hanya memberikan peluang beberapa orang untuk masuk ke tempat pendaftaran," kata Ketua KPU Usman Suhuria.

Karena itu, lanjut Usman, diharapkan kepada segenap tim sukses agar mampu memahami apa yang telah disepakati dalam rapat koordinasi ini.

"Panitia akan menyiapkan ID card. Jadi yang berhak masuk ke dalam areal pendaftaran ialah istri atau suami bakal calon, ketua tim pemenangan satu orang dan ketua partai pengusung," terang mantan Ketua KPU Polman itu.

Kapolda Sulbar, Bigjen Pol Lukman Wahyu meminta kepada seluruh tim pemenangan pasangan calon untuk bisa mengindahkan dari apa yang telah diputuskan secara bersama-sama.

"Saya rasa teman-teman yang tergabung dalam tim pemenangan adalah orang pilihan dan memiliki prinsip yang baik pula. Kita inginkan segala proses ini berjalan dengan baik agar kegiatan pendaftaran itu berjalan dengan baik," katanya.

(put)
breaking news x