Lulusan Kedokteran Harus Siap Hadapi Era Digital

Foto: Dok Unpad

Foto: Dok Unpad

JAKARTA - Pesatnya kemajuan teknologi membuat kita juga harus mengikuti perkembangan zaman. Termasuk para lulusan Pendidikan Kedokteran yang juga harus bersiap diri untuk menghadapi era digital.

Hal tersebut disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpad, Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr., MSi., SpF., DFM, seperti dinukil dari laman Univeristas Padjadjaran (Unpad), Jumat (23/9/2016).

“Kita harus mempersiapkan lulusan yang mampu menggunakan teknologi. Sebagai peneliti, kita pun harus mulai menelurkan gagasan model pelayanan kesehatan baru yang lebih accessible dan affordable dibantu teknologi informasi digital,” ungkapnya.

Kemajuan teknologi yang ada saat ini justru bisa menguntungkan dunia kesehatan. "Dibanding profesi lain yang terkena imbas masifnya teknologi digital, kebutuhan akan tenaga kesehatan tetap tinggi. Yang berubah adalah terjadi pergeseran profil keahlian," imbuhnya.

Menurut Dr Yoni, stabilitas pada jenis keahlian yang ada saat ini justru akan tergangu. Karena ada jenis yang menjadi kurang dibutuhkan serta ada yang paling dibutuhkan. Yang terpenting adalah kita harus siap dalam merespon.

Selain itu, kemajuan teknologi juga telah mengubah akses pelayaan kesehatan. Dimana hanya dilakukan oleh profesional dengan biaya mahal. Namun kini jauh lebih terjangkau.

"Dahulu, hampir semua pelayanan dalam ranah kedokteran intuitif, sekarang bergeser pada evidence base dan precision medicine,” jelasnya.

Dr Yoni menambahkan, jika kita ingin memiliki mahasiswa yang sesuai dengan target kompetesi maka harus lebih agresif.

"Jika kita menginginkan mahasiswa punya target kompetensi penanganan penyakit tertentu, kita harus lebih agresif mengembangkan perangkat pendidikan, seperti simulator penyakit, modul penyakit online, video pasien, dan pertemuan telemedicine," tambahnya.

(sus)
breaking news x