Perguruan Tinggi Memiliki Peran Tingkatkan Penelitian

Foto: Dok. UGM

Foto: Dok. UGM

JAKARTA - Perguruan Tinggi menjadi salah satu tempat yang memiliki peran besar dalam menghasilkan penelitian. Dengan begitu, penelitian yang ada bisa diaplikasikan ke masyarakat dan meningkatkan daya saing bangsa.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan perguruan tinggi adalah dengan perubahan paradigma dalam pendidikan. Salah satunya Universitas Gadjah Mada (UGM) yang melakukan reorientasi akademik dari berorientasi riset menjadi socio-enterpreneur university.

"Harus ada perubahan, publikasi tidak ada gunanya jika hasilnya tidak bisa diimplementasikan ke masyarakat. Melalui semangat socio-enterpreneur University kami tidak hanya fokus mengejar paten, namun juga komersialisasi produk riset inovatif untuk didistribusikan ke masyarakat,” ungkap Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., seperti dinukil dari laman UGM, Jumat (23/9/2016).

Dwikorita menjelaskan mengenai berbagai pusat inovasi yang dikembangkan guna menyiapkan produk riset unggulan UGM di berbagai bidag strategis seperti kesehatan, teknologi informasi, pangan sampai energi terbarukan.

"Untuk mendukung hal tersebut UGM mengembangkan teaching industry dan science techno park. Berbagai perubahan ini diharapkan bisa mendorong daya saing dan kemandirian bangsa,” ujarnya.

Dwikorita menambahkan bahwa membangun jaringan serta sinergi di dunia industri sangatlah diperlukan demi hilirisasi riset. "Sayangnya konektivitas antara perguruan tinggi dan industri belum terhubung dengan baik," tambahnya. (afr)

(sus)
breaking news x