Jamaah Haji Masih Nikmati Katering hingga 28 September

Petugas haji sedang berbincang di sela melayani jamaah (M Saifulloh/Okezone)

Petugas haji sedang berbincang di sela melayani jamaah (M Saifulloh/Okezone)

MAKKAH - Layanan katering masih tersedia bagi jamaah haji hingga 28 September mendatang.

"Rata-rata paling sedikit jamaah sudah merasakan layanan katering selama tujuh hari, tinggal lima hari terakhir saja," jelas Kasi Pengawas Katering PPIH Arab Saudi Daker Makkah Evy Nuryanah, Jumat (24/09/2016) malam waktu Arab Saudi.

Katering haji pun sudah melayani 302 kloter dengan intensitas 2 kali makan selama 12 hari. Total, PPIH mengeluarkan sekira 3,6 juta lebih boks makanan dari data per Jumat (23/09/2016) sore.

Di balik penyajian dengan akurasi waktu dan jumlah, Evy mengungkapkan semuanya terlaksana berkat kerja keras dan komitmen tim katering. Untuk memenuhi dua kali makan sehari, tim dibagi dua shift. Satu shift terdiri dari tiga orang. Masing-masing mengawasi satu dapur.

Tim pagi yang pra Armina mulai turun pada jam 01.00 dini hari, sekarang turun sekitar jam 04.00 pagi. Tugas mereka mengawasi mulai dari proses produksi sampai packing ditungguin. Kalau mobil sudah mendistribusikan, baru mereka tinggal.

Tim kedua yang berangkat jam 14.00 siang melakukan monitoring distribusi. Secara bergantian, tim malam melakukan monitoring distribusi makan malam dengan mendatangi sektor-sektor. Selain itu, masing-masing pengawas katering juga memiliki tanggung jawab per sektor yang dimonitor melalui layanan bravo. Saat jeda pun mereka tidak sempat rehat karena harus menyelesaikan laporan tertulis.

"Sekarang sejalan dengan proses distribusi yang semakin berkurang, ritmenya juga menjadi semakin longgar," terang Evy.

Tidaklah heran jika Evy bernafas lega karena jelang musim haji berakhir tidak ada permasalahan dari sisi penyajian makanan.

"Secara umum, alhamdulillah berjalan lancar. Praktis tidak ada yang terlambat dan idak ada keluhan dari jamaah,"katanya.

 

(sal)
Live Streaming
Logo
breaking news x