Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Garut Terus Mengalir

JAKARTA - Kabupaten Garut, Jawa Barat berduka. Hujan deras yang terjadi pada Selasa 20 September 2016 lalu mengakibatkan banjir bandang yamg merenggut puluhan nyawa.

Bantuan pun mengalir, diantaranya dari PKB untuk warga Desa Suka Gali, Kecamatan Tarogong Kidul. Selain uang sebesar Rp200 juta, sejumlah logistik pun diberikan kepada warga sebagai bentuk duka cita.

"Kami terus memantau lewat media, kami juga melihat upaya yang dilakukan sahabat kami TNI, BNPB Basarnas dan lainnya," ujar Sekretaris Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Jumat (23/9/2016).

Cucun berharap aparat terkait yang ikut membantu penanggulangan bencana ini terus semangat bekerja untuk rakyat agar cepat mendapat pertolongan.

Sementara itu Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Tri Budi mengatakan, kesigapan seluruh elemen baik masyarakat dan pemerintah merupakan suatu kekayaan yang tidak bisa direkayasa. Hal itu, muncul dengan sendirinya karena ketulusan hati.

"Semangat ini harus terus diperhatikan Bupati/Wali Kota agar agar kita terus sigap terhadap bencana. Makanya saya bilang tadi setiap bantuan yang ada catat agar transparan dan akuntabel," tandas Tri.

Tim pencarian korban telah dilakukan sejak banjir melanda Garut. Banjir tersebut menyebabkan kerusakan pada pemukiman penduduk, fasilitas umum dan korban jiwa. Tercatat sementara korban jiwa mencapai 27 orang, sedangkan warga yang dilaporkan hilang 23 orang.

(fas)
breaking news x