Pesawat Evakuasi Medis Tergelincir di Halim, Penerbangan Haji Molor Tiga Jam

Ilustrasi (Okezone)

Ilustrasi (Okezone)

MAKKAH – Insiden tergelincirnya pesawat evakuasi medis milik maskapai Nusantara Air Charter di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Minggu 25 September 2016 mengakibatkan jadwal pemulangan jamaah haji dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah, terganggu. Jadwal keberangkatan kloter JKG 14 ke tanah air molor sampai tiga jam.

“Adanya penutupan runway Bandara Halim Perdanakusuma menyebabkan keberangkatan pesawat GA 7568 yang akan memulangkan jamaah kloter JKG 14 tertunda sampai dengan dibukanya runway oleh otoritas Bandara Halim Perdanakusuma,” ujar Kadaker Airport Jeddah-Madinah Nurul Badruttamam Makkiy, Minggu malam waktu Arab Saudi (WAS).

Selanjutnya, ujar dia, telah dilakukan adjustment slot oleh Saudi GACA untuk pemulangan Haji Kloter JKG 14. Jadwal pemulangan jamaah kloter JKG 14 yang sedianya pada 26 September 2016 pukul 03.10 WAS dan tiba di Jakarta pada 26 September 2016 pukul 17.15 WIB menjadi take off pukul 06.10 WAS dan tiba di Jakarta pada 26 September 2016 pukul 20:15 WAS.

Lantaran jamaah sudah terlanjur berada di Bandara King Abdul Aziz Jeddah malam ini, maka diberikan kompensasi makan dari PPIH 1 kali yang dibagikan pada pukul 21.00 WAS. Kemudian jamaah juga mendapatkan kompensasi delay berupa makan 1 kali lagi dari pihak Garuda yang akan dibagikan pada pukul 02.00 WAS.

Sementara itu, pesawat yang membawa jamaah haji kloter JKG 13 yang sudah terlanjur terbang dari Jeddah dan dijadwalkan mendarat di Bandara Halimperdanakusuma dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

(fzy)
Live Streaming
Logo
breaking news x