Image

Kisah Lubang di Kubah Masjid & Salat Berhadiah Umrah

Masjid Quba (Foto: Saifulloh/Okezone)

Masjid Quba (Foto: Saifulloh/Okezone)

MADINAH - Masjid bercat putih dengan menara menjulang tinggi yang berdekatan dengan kebun kurma itu selalu menjadi rujukan para jamaah haji untuk dikunjungi.

Maklum, iming-iming pahala umrah menyertai. Cukup berwudlu dari tempat menginap, lalu salat sunnah dua rakaat di Masjid Quba yang terletak di sudut perempatan jalan tidak jauh dari jalan baru yang menghubungkan Madinah-Mekah-Jeddah, 5 Kilometer tanggara Madinah.

Berabad silam, Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian mendatangi masjid Quba dan salat di dalamnya, maka ia akan mendapatkan pahala umrah. (HR. Ibnu Majah).

Keutamaan Masjid Quba juga disinggung dalam Alquran, surat At Taubah ayat 108: “Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bersembahyang di dalamnya.”

Kala Okezone bersama Media Center Haji (MCH) berziarah ke masjid ini, usai salat sunnah langsung disambut tulisan hadits Nabi SAW tentang keutamaan Masjid Quba dalam bentuk jumbo.

Tulisan tersebut terpampang jelas dalam bingkai kaligrafi berbentuk lingkaran bercat hijau di sisi atas mihrab. Di bagian atas dan bawahnya terdapat kaligrafi lain bertuliskan surah Al Ikhlas, basmalah, dan syahadat.

Tak ketinggalan, dinding atas sisi kanan dan kiri bagian saf depan masjid, juga dihias dengan kaligrafi. Di sisi kiri tertulis jelas untaian kalimat Muhammad Rasulullah dan permulaan surah Al Baqarah. Sementara, di sisi kanan atas terdapat kaligrafi surah Al Fatihah.

Kehadiran mimbar dari batu pualam putih di sisi kanan mihrab serta alas karpet warna merah semakin menambah manis interior masjid. Tak heran, para jamaah betah berlama-lama di dalam masjid.

(aky)
1 / 2
Live Streaming
Logo
breaking news x