Bawa Uang Rp2 Miliar, Jamaah Haji Indonesia Ditahan

Foto: Ilustrasi

Foto: Ilustrasi

MAKKAH - Tiga jamaah haji Indonesia diinterogasi dan tertunda kepulangannya gara-gara menyembunyikan uang dolar AS dan Euro senilai miliaran rupia.

"Pemilik uang, Ansharul Adhim Abdullah menitipkan uang kepada istrinya, Sri Wahyuni Rahayu dan Rachmat Kanapi Podo. Jika ditotal uang yang dibawa Rochmat dan Sri Wahyuni sekitar Rp2 miliaran," jelas Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel Riyadh, Senin (03/10/2016).

Ulah Ansharul (47) pun membawa petaka bagi istri dan kenalannya yang sama-sama berasal dari Gresik, Jawa Timur. Ketika mereka diperiksa x-ray di Gate Zero pada pukul 11.30, didapati benda mencurigakan di pakaian dalam Sri (36).

Petugas bandara AMAA, Madinah pun langsung menahan Sri dan Rachmat (58). Setelah diinterogasi dan dibuatkan berita acara pemeriksaan, terungkap bahwa Ansharul yang menitipkan segepok uang tersebut.

"Selanjutnya, tiga jemaah tersebut hanya boleh didampingi seorang petugas Daker Airport  Ahmad Mukarom. Uang dollar dan Euro sampai saat ini masih dalam proses penghitungan oleh pihak polisi Bandara AMAA Madinah,"ungkap Maftuh.

Bukan hanya menimbulkan istri dan rekannya ditahan, aksi Ansharul membuat jadwal penerbangan kloter SUB 39 tertunda hingga pukul 14.49 waktu Arab Saudi. Nasib ketiga jemaah yang bermasalah tersebut juga masih tertahan di balik ruangan polisi bandara.

(qlh)
Live Streaming
Logo
breaking news x