Image

Jamaah Haji Indonesia Ngaku Uang Rp6 Miliar Hasil Donasi

Jamaah Haji (Foto: Ilustrasi)

Jamaah Haji (Foto: Ilustrasi)

 

MAKKAH – Uang tunai senilai Rp6 miliar yang dibawa jamaah haji Indonesia berdasarkan hasil pemeriksaan sementara bersumber dari hasil donasi. Uang tersebut merupakan milik Ansharul Adhim Abdullah (47) yang dititipkan ke istrinya Sri Wahyuni Rahayu (36) dan Rochmat Kanapi Podo (58). Aksi mereka terendus otoritas Arab Saudi di Bandara Madinah dan selanjutnya dilakukan penahanan.

Kepala Bidang Perlindungan Jamaah PPIH Arab Saudi Kolonel Jaetul Muchlis yang mendapat laporan dari tim yang mendampingi jamaah mengatakan, uang itu diakui oleh Ansharul sebagai donasi dari seseorang.

Sejak 2010, dia sudah mendapat donasi tersebut di Arab Saudi. Namun, identitas pemberi donasi, masih ditelusuri. "Ini masih keterangan sementara dan masih dalam pengembangan pihak yang berwajib Arab Saudi," ujar Jaetul Muchlis, Selasa (3/10/2016).

Kini pihak berwajib Arab Saudi hendak mengklarifikasi uang kepada pemilik dana. Bila semuanya jelas dan terang benderang, Jaetul berharap masalah ini bisa segera selesai. "Insya Allah kita doakan semoga segera selesai masalahnya dan jamaah kita bisa segera dipulangkan," ulasnya.

Penahanan ketiga jamaah terjadi pada Senin 3 Oktober 2016 sekira pukul 11.30 waktu Arab Saudi. Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika tiga orang jamaah masuk di pemeriksaan X-Ray Gate Zero Bandara AMAA Madinah.

Mereka dicurigai karena membawa uang banyak dalam pecahan riyal, dolar Amerika Serikat, dan euro. Awalnya polisi menahan Rochmat Kanapi Podo (58) karena membawa uang banyak. Lalu setelah diperiksa, uang itu diketahui milik Ansharul Adhim Abdullah (47). Belakangan Ansharul juga menitipkan uang tersebut kepada istrinya Sri Wahyuni Rahayu (36).

Adapun rincian uangnya sebagai berikut:

1. Ansharul Adhim Abdullah membawa uang 20 ribu euro. Bila dikonversi ke dalam rupiah dengan nilai tukar kurs Rp14.617, maka nilainya mencapai Rp292.335.000.

2. Sri Wahyuni membawa 348 ribu euro dan 17.000 riyal. Bila dikonversi ke dalam rupiah dengan kurs euro yang sama dan per Riyal Rp3.468 maka nilai totalnya mencapai Rp5,146 miliar.

3. Rochmat Kanapi Kodo membawa uang USD50.000 dan 10.000 euro. Bila dikonversi ke rupiah dengan kurs 1 USD=Rp13.010 dan kurs euro sama, maka nilai totalnya mencapai Rp796 juta.

Dengan demikian, total uang yang dibawa ketiganya mencapai adalah Rp6.235.971.394.

(Ari)
Live Streaming
Logo
breaking news x