Ratusan Mahasiswa Ikuti Ajang Debat Tingkat Asia-Pasifik

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA - Kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum patut dimiliki oleh setiap mahasiswa. Cara melatih skill ini pun beragam, seperti dengan mengikuti kompetisi debat antarmahasiswa.

Hal tersebut seperti dilakoni oleh ratusan mahasiswa yang antusias mengikuti The 8th Asian British Parliamentary Debate Championship. Diikuti oleh mahasiswa dari kampus-kampus ternama, tahun ini Universitas Prasetiya Mulya terpilih menjadi tuan rumah lomba debat tingkat Asia-Pasifik itu.

Beberapa kampus top yang berpartisipasi dalam kompetisi ini meliputi, Nanyang University of Singapore (NUS), Nanyang Technology University (NTU), Peking University, University of Macau, Waseda University, Keio University, dan American University of Afgahanistan. Sedangkan dari peserta dari Indonesia diwakili oleh mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Bina Nusantara.

Tournament Advisor & CoConvenor Asian British Parliamentary Debate Championship 2016, Andre Kua mengungkapkan, kejuaraan diikuti oleh sembilan negara dengan jumlah peserta lebih dari 250 mahasiswa se-Asia Pasifik. Mereka terbagi menjadi 80 tim yang akan menyampaikan suatu tema selama 1,5 sampai dua jam.

"Namun penilaian yang akan dilakukan oleh juri adalah individual dan akan dijumlah di akhir sesi pelaksanaan menjadi nilai tim," tutur Andre sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Okezone, Senin (10/10/2016).

Setiap satu tema debat akan disampaikan oleh empat tim. Sedangkan menurut Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Ikatan Alumni Universitas Prasetiya Mulya, Dr Rudy Handoko, MM, tema debat di antaranya akan mengusung masalah ekonomi dan sosial, serta budaya dan pariwisata.

The 8th Asian British Parliamentary Debate Championship berlangsung sampai 12 Oktober 2016. Ajang akan akan ditutup dengan babak final rounds. Para pemenang kompetisi ini akan mendapatkan piagam dan piala.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x