Rodrigo Roa Duterte

Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: Bullit Marquez-AP)

Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: Bullit Marquez-AP)

DIGONG, Rody, Donald Trump-nya Filipina dan bahkan Asia, The Punisher atau Sang Penghukum adalah sederet nama panggilan dan julukan yang disematkan kepada Presiden ke-16 Filipina. Terlahir dengan nama asli Rodrigo Roa Duterte pada 28 Maret 1945, kepala negara yang terkenal dengan ucapan ceplas-ceplosnya ini mewarisi darah Cebu dari ayahnya, Vincente G Duterte dan klan Roa dari ibunya, Soledad Roa. Selain itu, dalam tubuhnya juga mengalir darah Portugis, Spanyol, China, Arab dan Malaysia yang diperoleh dari para leluhurnya.

Menilik silsilah keluarganya, anak kedua dari lima bersaudara ini tumbuh besar di lingkungan politik. Ayahnya yang seorang pengacara swasta, pernah menjabat sebagai Wali Kota Cebu dan Gubernur Davao, kota di Pulau Mindanao. Sepupunya, Ronald Duterte juga pernah duduk di balai kota Cebu pada 1983-1986. Demikian juga ayah Ronald, yakni Ramon Duterte pernah menjadi Wali Kota Cebu pada 1957-1959. Sementara ibunya yang berkarier sebagai guru juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Hasil gambar untuk Duterte family

Foto: Keluarga Besar Presiden Duterte (Facebook)

Jika silsilah keluarga Duterte ditelusuri lebih jauh, maka dapat terlihat jaring kekuasaan dinasti Duterte dan Roa telah menyelimuti Cebu, Durano, Almendras hingga Roa. Tidak heran, presiden pertama Filipina yang berasal dari Mindanao ini bisa menjadi Wali Kota Davao selama 22 tahun.

(Sil)
1 / 4
Live Streaming
Logo
breaking news x