facebook pixel

90 Mobil Klasik Meriahkan Perayaan Ultah Ke-90 Ratu Inggris

90 mobil klasik meriahkan perayaan ultah ke-90 Ratu Inggris (PA)

90 mobil klasik meriahkan perayaan ultah ke-90 Ratu Inggris (PA)

LONDON - Ada yang menarik dari perayaan ulang tahun ke-90 Ratu Inggris di Istana Buckingham. Sebanyak 90 mobil klasik diparkir di halaman depan istana pada Sabtu 15 Oktober 2016 sore. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail.

Menariknya, 90 mobil itu diproduksi di tahun yang berurutan terhitung sejak kelahiran Ratu Elizabeth II. Selain itu pada pengemudinya menggunakan pakaian tradisional yang tren di zaman saat mobil itu dibuat.

Di antaranya terdapat mobil Ford GT40 senilai 5 juta poundsterling atau sekira Rp80 miliar. Ada pula mobil 'Back to the Future' DeLorean, Bentley Continental, serta Bullnose Morris Oxford produksi tahun 1926.

Turut menyita perhatian adalah ambulans Austin K2 yang digunakan tentara Inggris saat Perang Dunia (PD) II. Mobil itu merupakan model serupa yang dikemudikan Sang Ratu saat ia bertugas pada PD II.

Ratu Inggris sebenarnya dilahirkan pada 21 April, namun di dokumennya tertulis Juni. Namun karena ulang tahun ke-90 ini istimewa maka perayaannya dilakukan sepanjang tahun.

Pameran mobil klasik ini sendiri digelar oleh All Party Parliamentary Historic Vehicles Group dan All Party Parliamentary Motor Group. Kedua grup dibentuk oleh para anggora parlemen dari lintas partai. Tujuannya untuk melestarikan mobil klasik.

(ton)
​