facebook pixel

Kemunculan Mobil Tanpa Sopir Bisa "Membunuh" SUV

Volkswagen I.D (Autoexpress)

Volkswagen I.D (Autoexpress)

WOLFSBURG - Mobil jenis sport utility vehicle (SUV) tengah meningkat permintaannya di seluruh dunia. Bahkan pabrikan yang dulunya tidak memproduksi dan memasarkan mobil SUV kini ikut membuatnya. Namun menurut Klaus Bischoff, kepala desain Volkswagen (VW), popularitas SUV akan cenderung menurun dengan kedatangan mobil tanpa sopir (Otonom).

Klaus percaya bahwa mobil tanpa pengemudi atau bisa juga disebut sebagai mobil dengan teknologi ‘tingkat lima’ (Level Five) memungkinkan pengemudi tidak selalu fokus ke jalan raya. Dengan kelebihan tersebut mobil tanpa supir diperkirakan bakal menempati posisi lebih tinggi dari SUV.

"Saat ini kita melihat munculnya SUV, sedan, dan MPV. Kami telah menemukan sesuatu yang bisa menarik orang, dan menjawab pertanyaan pelanggan yang mungkin saja mereka belum mengetahui," kata Klaus seperti dikutip dari Autoexpress.

Klaus menambahkan, dikemudian hari SUV akan terlihat tua dan orang yang melihatnya akan menunjuk sambil berkata "Dia mengendarai dinosaurus". "Kami tidak melihat itu sekarang, tapi saya sangat percaya bahwa kami akan melihat kendaraan yang jauh berbeda ketika kami ke level lima yaitu mobil Otonom," tambah dia.

Pada Paris Motor Show yang baru saja usai, VW memperkenalkan mobil Volkswagen I.D. Mobil ini menggunakan bahasa desain tubuh terbaru dan didukung oleh motor listrik dengan tenaga 167 hp.

Mobil yang dijadwalkan datang pada 2019 diklaim memiliki daya jelajah antara 400 sampai 480 kilometer untuk sekali isi ulang baterai. Waktu untuk men-charge baterai hingga penuh hanya 15 menit. VW menjanjikan mobil akan mendapatkan modus mengemudi Otonom pada 2025. (san)

(ton)