facebook pixel

Hasil Uji Tabrak Dua Mobil Premium Asal Eropa

Mercedes Benz E-Class (Foto: Carscoops)

Mercedes Benz E-Class (Foto: Carscoops)

BERLIN – Sedan Mercedes Benz E-Class dan crossover Peugeot 3008 diberikan peringkat keamanan tertinggi atau lima bintang oleh lembaga uji tabrak mobil baru di Eropa yaitu Euro NCAP. Hasil tersebut sebagaimana laporan Carscoops, Selasa (18/10/2016) .

Mercedes Benz E-Class, sedan mewah asal Jerman ini mendapat nilai 95 persen untuk perlindungan penumpang dewasa. Euro NCAP membeberkan fitur keamanan yang ada di mobil mampu melindungi tubuh penumpang. Namun sedikit catatan bila terjadi kecelakaan yang frontal, kemungkinan besar dada penumpang belakang akan mengalami cedera.

Generasi terbaru dari E-Class ini juga ramah anak dengan skor 90 persen. Sedangkan untuk perlindungan pejalan kaki, Euro NCAP memberi rating 77 persen. Kap mesin yang lebar menyebabkan bagian depan mobil sangat "miskin" melindungi pengguna jalan.

Meluncur awal 2016 dengan desain terbaru, Peugeot 3008 mendapat nilai 86 persen untuk perlindungan penumpang dewasa. Namun Euro NCAP memberikan satu catatan penting yaitu ada kemungkinan dada pengemudi cedera ketika mobil menghadapi kecelakaan yang sangat frontal.

Sedangkan untuk perlindungan penumpang anak-anak, mobil Perancis ini memperoleh nilai 85 persen. 3008 terbaru mendapat skor 67 persen untuk perlindungan pejalan kaki. Kaca depan menjadi salah satu faktor mobil mendapat nilai dibawah Mercedes Benz E-Class. (san)

(ton)