facebook pixel

Ingin Ubah Motor Bebek Bergaya Supermoto, Perhatikan Ini

Jupiter MX Supermoto (Foto: Gilamotor)

Jupiter MX Supermoto (Foto: Gilamotor)

JAKARTA – Wabah sepeda motor bergaya supermoto tengah menjamur. Apa yang membuat sepeda motor dengan gaya ini tengah mewabah? Sudah tentu karena tampilannnya gagah, namun tetap bisa nyaman melahap jalan aspal.

Sepeda motor jenis apa pun sebenarnya bisa disulap bergaya supermoto, mulai dari sepeda motor sport, trail, hingga cub atau bebek. Sebagai contoh sepeda motor jenis bebek yaitu Yamaha Jupiter MX.

Agus mekanik dari Caos Custom Bike akan menjelaskan untuk mengubah Jupiter MX menjadi supermoto jangan sembarang pasang pelek dan ban.

“Ukuran pelek yang biasa dipakai untuk supermoto itu 4,25 inci untuk bagian belakang, sedangkan depan 3,5 inci, dan untuk ban pakai 120/70 depan lantas belakang pakai 160/60. Pelek belakang bisa saja pakai ukuran 5 inci tapi harus ganti swing arm,” ungkapnya, seperti dikutip dari Gilamotor, Senin (17/10/2016).

Pria ramah tersebut juga menambahkan, supaya tenaga tidak loyo lantaran penggunaan pelek dan ban lebar Anda harus mengganti girnya.

“Untuk mengali tenaga cukup mengganti karbu dan gir standart bawaan Jupiter MX dengan ukuran lebih besar. Kan standarnya ukuran 38 tuh jadi bisa diganti yang ukuran 46 atau 48,” lanjutnya.

Jika ingin mengganti kaki-kaki disarankan menggunakan limbah-limbah sepeda motor trail Spesial Engine (SE). Ini karena kualitasnya pasti lebih bagus.

(ton)