facebook pixel

Tips Hilangkan Noda Bekas Lem di Dasbor

Ilustrasi bersihkan dasbor (foto: Slickproductsusa)

Ilustrasi bersihkan dasbor (foto: Slickproductsusa)

JAKARTA – Dasbor merupakan salah satu bagian interior yang sering sekali difungsikan untuk menaruh berbagai aksesori mobil hingga pengharum ruangan. Untuk meletakkannya, pemilik sering menggunakan lem ataupun double tip.

Celakanya, ketika aksesori tersebut dilepas, sisa lem atau double tip sering tertinggal dan mengakibatkan noda yang sulit dihilangkan menggunakan air biasa. Akibat noda lem sulit hilang, jika didiamkan kondisi tersebut akan merusak pemandangan interior.

Taufik, mekanik dari Mirza Autocare, mengatakan biasanya untuk membersihkan bekas lem yang digunakan pada aksesori di dasbor memang tidak bisa menggunakan air biasa. Diperlukan beberapa langkah untuk membersihkan noda bekas lem tersebut, menggunakan cairan pembersih interior khusus dasbor yang bisa dibeli di toko perlengkapan mobil.

"Sebelum membeli cairan tersebut, pastikan material dasbor, apakah berbahan plastik, lapisan kulit ataupun kain. Karena ada beberapa merek pembersih dasbor yang menawarkan produknya sesuai dengan material bahan dasbor," papar Taufik.

Proses menghilangkan noda pada dasbor menggunakan cairan pembersih, termasuk mudah. Pertama bersihkan dasbor dari debu halus yang mungkin menempel. Setelah itu semprotkan cairan pembersih jenis silicone spray, diamkan beberapa menit agar cairan bereaksi.

Kemudian seka bagian yang telah disemprot menggunakan kain micro fiber. Semprotkan cairan kedua water base untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cairan water base digunakan untuk bikin dasbor jadi kinclong.

Jika noda kotoran lem masih kurang bersih, lakukan beberapa kali cara yang sama sampai kotoran hilang.

(ton)