50 Orang Bergabung Jadi Relawan Cinta Perpustakaan

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

PONTIANAK - Guna memenuhi kebutuhan membaca masyarakat, saat ini Pemprov Kalimantan Barat (Kalbar) memiliki perpustakaan sebanyak 6.674 buah.

Dengan perpustakaan yang dimiliki, sebanyak 1.355 pengelola perpustakaan pernah mengikuti bimbingan teknik, magang dan dan penyuluhan sistem pengelolaan perpustakaan dari tahun 2008 hingga 2016.

Kepala Perpustakaan Kalimantan Barat, Untad Dharmawan mengatakan, mengingat jumlah pengawai atau pengelola perpustakaan masih terbatas, sedangkan kegiatan kepustakaan begitu kompleks dan menuntut pengelolaan secara profesional, perpustakaan Kalbar memfasilitasi Relawan Cinta Perpustakaan.

"Sebanyak 50 orang berkomitmen untuk berperan aktif dalam memajukan dunia kepustakaan dan tradisi membaca di Kalimantan Barat," ungkapnya kepada Okezone, Senin (17/10/2016).

Pembentukan Relawan Cinta Perpustakaan ini diharapkan dapat memperkuat sumber daya manusia di perpustakaan Kalimantan Barat.

"Dengan merekrut tenaga relawan yang bersedia membantu mengelola perpustakaan dengan tidak mengharapkan imbalan apa pun adalah solusi kami untuk masyarakat luas,” katanya.

Relawan Cinta Perpustakaan Kalimantan Barat terdiri dari mahasiswa dan kalangan umum. Mereka sebelumnya telah dilatih secara khusus selama dua hari di ruang pertemuan Restoran Seafood Juara di Jalan Teuku Umar Pontianak.

Materi pelatihan, diantaranya berisikan pemahaman mengenai peran dan perkembangan perpustakaan sebagai instrumen publik dalam meningkatkan kualitas generasi muda lewat tradisi membaca.

Pelatihan peningkatan kapasitas itu juga memetakan daya tarik dan keunggulan perpustakaan di wilayah masing-masing. Kemudian mempromosikan secara efektif, efisien, dan tetap sasaran kepada masyarakat setempat. Selain itu, memanfaatkan teknologi internet, khususnya media sosial sebagai wahana kampanye gerakan cinta perpustakaan.

(sus)
breaking news x