LIPI Berharap Kemendikbud Terapkan Materi Pembelajaran Kelautan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnaen berharap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerapkan materi pembelajaran kelautan bagi setiap jenjang sekolah di Indonesia.

"Ini sebagai langkah untuk mulai mengembangkan Kurikulum Kemaritiman Nasional. 'Output' yang dihasilkan oleh LIPI bisa menjadi bahan untuk kurikulum tersebut," kata Iskandar dalam konferensi pers peresmian Pusat Pelatihan Keanekaragaman Hayati Laut dan Kesehatan Ekosistem (RTRC MarBEST Center) di Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI Ancol, Jakarta, Senin.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan materi pembelajaran yang dikembangkan oleh Komponen Edukasi Coral Reef Rehabilitation and Management Program-Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI) LIPI kepada Kemendikbud.

Iskandar berharap produk materi pembelajaran tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran di sekolah-sekolah, terutama yang berada atau berdekatan dengan wilayah laut.

Menurut dia, materi pembelajaran tersebut akan mampu menambah informasi dan bahan ajar mengenai laut sekaligus lebih mendekatkan para siswa kepada aspek kelautan dalam pendidikan.

"Karena masih sangat kurang materi yang bicara tentang kelautan," kata Iskandar.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Totok Suprayitno, berpendapat bantuan materi pembelajaran dari LIPI tersebut dapat membantu perkembangan riset mengenai laut.

"Siswa dapat belajar pentingnya laut bagi kehidupan, maka kemudian mereka bisa bertanggung jawab untuk melestarikan dan mendidik generasi muda untuk merawatnya," kata Totok.

Materi pembelajaran yang diserahkan tersebut mencakup Serial Buku Pesisir dan Laut Kita kelas I sampai kelas XII untuk kurikulum 2006, Serial Buku Pesisir dan Laut Kita kelas I sampai kelas VI untuk kurikulum 2013.

Selain itu, materi penunjang lain juga sudah disusun, di antaranya Buku Panduan Guru SD, SMP dan SMA, Silabus untuk SD, SMP dan SMA, Pengetahuan Umum tentang Ekosistem Terumbu Karang, Lamun, Mangrove, Pelagik, dan Estuari, Kamus Ekologi Laut dan Istilah Sosek, Komik, Poster.

(tty)
breaking news x