facebook pixel

Honda Mulai Bocorkan Tampang WR-V Pesaing Suzuki SX4 S-Cross

Honda WR-V (Carscoops)

Honda WR-V (Carscoops)

SAO PAULO - Honda baru saja merilis sketsa desain dari mobil compact sport utility vehicle (SUV) terbaru yang diberi nama WR-V. Diberitakan Carscoops, WR-V adalah singkatan dari ‘Winsome Runabout Vehicle’. Honda secara khusus mengembangkan mobil tersebut untuk pasar Amerika Selatan, terutama Brasil.

Honda percaya mobil jenis compact SUV akan laris, karena sangat populer di kalangan orang-orang yang menikmati gaya hidup aktif dan praktis. WR-V akan melakukan debut di Sao Paolo International Motor Show 2016, namun tidak diketahui pasti kapan mobil tersebut mulai diproduksi.

Mengacu dari sketsa yang dibocorkan, tampak tubuh WR-V memiliki kesamaan dengan HR-V, seperti terlihat pada lipatan horizontal yang menonjol di sepanjang pintu. Dibandingkan dengan model SUV Honda lainnya, WR-V mengadopsi desain yang lebih aneh, terutama pada bagian fasia depan yang berani dan memiliki garis-garis yang agresif, lampu depan yang tajam, dan kisi-kisi yang relatif kecil.

Jika Honda WR-V masuk ke Tanah Air, maka akan secara langsung bersaing dengan Suzuki SX4 S-Cross. Mobil tersebut baru saja meluncur di Indonesia dan dipasarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Suzuki SX4 S-Cross memiliki mesin 1,5 liter VVT yang mampu menghasilkan tenaga 80 kW pada 6.000 rpm dan torsi 138 nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan atau otomatis enam percepatan.

Di beberapa negara, salah satunya di Inggris, SX4 S-Cross menggunakan mesin bensin 1,6 liter empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga 88 kW pada 6.000 rpm dan torsi 156 nm pada 4.400 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual lima percepatan. (san)

(ton)