facebook pixel

Tingkatkan Produksi, UD Truck Indonesia Resmikan Pabrik Baru

Peresmian pabrik UD Truck Indonesia (foto: Okezone)

Peresmian pabrik UD Truck Indonesia (foto: Okezone)

JAKARTA - PT UD Trucks Indonesia bekerjasama dengan PT Tjahja Sakti Motor (TSM) dan PT Gaya Motor International meresmikan pabrik perakitan pertama di Indonesia, yang beralamat di Jl Gaya Motor 3 Sunter, Jakarta Utara.

Dalam kerja sama tersebut, kedua anak perusahaan Astra International (AI) akan melakukan lokalisasi produksi kendaraan niaga berat yang akan diproduksi di pabrik yang dibangun dengan investasi USD3 juta setara Rp39 miliar dan luas area12 ribu meter persegi.

Dalam produksi, TSM akan menjadi importir komponen-komponen kendaraan berat UD Truck yang masuk secara incompletely knocked down (IKD). Sedangkan Gaya Motor akan memfasilitasi perakitannya.

"Karena ini investasi dua perusahaan AI, nantinya kami akan mengenakan biaya setiap satu unit kendaraan UD Truck yang dirakit di pabrik ini," ungkap Presiden Direktur TSM Anton Kumara di Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Dari dana yang digelontorkan, selain dilakukan untuk membangun bangunan pabrik, investasi juga digunakan untuk memenuhi fasilitas modernisasi perakitan. Produksi yang awalnya hanya empat unit meningkat menjadi delapan unit setiap harinya.

"Kalau untuk produksi kita rata-rata dalam sebulan bisa memproduksi 200 unit," ujar Anton Kumara

Fasilitas perakitan ini juga menambah tenaga kerja yang telah melakukan pelatihan dalam dan luar negeri. Diharapkan, tenaga kerja tersebut dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sehingga dapat menampung perakitan truk Quester ini.

UD Trucks saat ini memproduksi truk model Quester 64R 3700, 4300, Quester 64R 280 WB 3700 (mixer), 4300, 5600, 6100, Quester 64T 370, Quester 64T 330, Quester 64T 280, dan Quester 42T.

(ton)
​