facebook pixel

Lima Mobil Konsep Terbaik yang Pernah Dibuat Volkswagen

VW GTI Supersport Vision Gran Turismo

VW GTI Supersport Vision Gran Turismo

BERLIN - Sebagian besar produsen mobil menciptakan mobil konsep tidak pernah sampai masuk ke jalur produksi. Tapi ada juga yang membuatnya sebagai contoh mobil masa depan termasuk teknologi dan desainnya. Salah satu produsen yang cukup aktif dalam membuat mobil konsep yaitu Volkswagen (VW).

VW tercatat sudah menciptakan beberapa mobil konsep dengan desain yang benar-benar unik dan gila. Mobil konsep yang diciptakan oleh pabrikan asal Jerman itu bermacam-macam jenis mulai dari SUV, crossover, hingga sport.

Berikut ini lima mobil konsep VW terbaik sebagaimana dikutip dari Autoguide:

VW I.D.

mobil konsep ini mungkin yang terbaru dari VW dan bisa dikatakan sebagai salah satu yang paling penting dalam sejarah mobil itu. VW coba bangkit dari skandal diesel sehingga melakukan investasi besar-besaran untuk menciptakan mobil listrik.

VW I.D diperkenalkan dalam ajang Paris Motor Show yang baru saja usai. Mobil ini menggunakan bahasa desain tubuh terbaru dan didukung oleh motor listrik dengan tenaga 167 hp. Dijadwalkan datang pada 2019, mobil ini diklaim memiliki daya jelajah antara 400 sampai 480 kilometer untuk sekali isi ulang baterai. Waktu untuk men-charge baterai hingga penuh hanya 15 menit.

XL Sport

Muncul perdana di Paris Motor Show 2014, VW XL Sport dibekali mesin dua silinder yang paling kuat di dunia, milik perusahaan sepeda motor Ducati. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 197 hp dan mampu berakselerasi dari 0-96 kilometer per jam dalam 5,7 detik. XL Sport memiliki kecepatan maksimal yang mengesankan sekira 269 km/h.

Sesuai namanya mobil ini tampil begitu sporty seperti supercar pada umumnya. Sebagian besar tubuh XL Sport terbuat dari serat karbon, sementara sayap belakang untuk mempertegas konsep sporty-nya.

VW Golf GTE Sport

VW Golf GTE Sport debut di Amerika Utara pada 2015 bersamaan dengan gelaran Los Angeles Auto Show. Mobil berpintu dua ini dibekali mesin 1,6 liter TSI yang diadaptasi dari Polo R WRC. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 295 hp. VW Golf GTE Sport juga dilengkapi sepasang motor listrik bertenaga tenaga 113 hp. Dengan tenaga yang dimiliki, memungkinkan Golf GTE Sport Concept melaju dari posisi diam sampai 96 km/h dalam 4,3 detik.

Diprediksi mobil konsep Golf GTE Sport merupakan wujud Golf GT di masa depan yang didesain lebih ramping dan sport masa depan yang memiliki kinerja yang baik dan rendah emisi.

VW W12 Syncro

Bugatti Veyron sebenarnya didasarkan pada supercar VW. Tapi sebelum ada supercar VW, muncul lebih dulu W12 Syncro. Mobil bertubuh langsing itu memulai debutnya di tahun 1997 bertepatan dengan ajang Tokyo Motor Show. Sumber tenaganya berasal dari mesin W12 5,6 liter dengan tenaga 414 hp.

W12 Syncro diciptakan untuk membuktikan Volkswagen bisa membangun supercar, dan mesin besar yang dapat diandalkan. Empat tahun kemudian, pada ajang yang sama VW meluncurkan W12 bertenaga 591 hp dan tori 458 lb-ft.

VW GTI Supersport Vision Gran Turismo

Mobil konsep satu ini mengawali debutnya pada festival GTI tahunan di Worthersee, Austria, pada tahun 2014. Mobil dengan kemampuan menampung dua orang penumpang ini dibekali mesin V6 twin turbo 3,0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 503 hp dan torsi 413 lb-ft. (san)

(ton)
​