facebook pixel

Luncurkan SUV Baru, Proton Pinjam Suzuki Vitara Brezza

Model SUV Proton (Theophiluschin)

Model SUV Proton (Theophiluschin)

KUALA LUMPUR - Kabar baru, kembali dihembuskan produsen Proton setelah rencana penjualan saham besarnya. Kali ini produsen kendaraan Malaysia tersebut akan meluncurkan model sport utility vehivle (SUV) terbaru yang sosoknya mirip Suzuki Vitara Brezza.

Kabar tersebut diungkap langsung oleh salah satu petinggi Proton, yang menegaskan saat ini tengah melakukan pengembangan model SUV menggunakan basis model Suzuki Vitara Brezza.

"Saat ini perusahaan berencana meluncurkan produk SUV terbaru, yang dikembangkan menggunakan platform dari Suzuki Vitara Brezza," ungkap petinggi Proton, seperti dikutip dari Paultan, Selasa (18/10/2016).

Penggunaan platform Suzuki Vitara Brezza oleh Proton, memang bukan untuk pertama kalinya. Kedua produsen diketahui memiliki kerjasama, dimana beberapa waktu lalu Proton ikut memasarkan Suzuki Ertiga di Malaysia, meski tidak menggunakan logo Suzuki.

Belakangan diketahui, hingga saat ini Proton belum memiliki produk SUV di pasar lokalnya. Diperkirakan, model Vitara Brezza ini akan menjadi produk andalan Proton untuk model SUV.

Meski mengklaim tengah melakukan pengembangan diperkirakan sektor pacu akan menggunakan mesin milik Vitara Brezza berkapasita 1.6-liter naturally-aspirated bertenaga 118hp dan torsi sebesar 156 Nm yang dikawinkan dengan transmisi matik enam percepatan.

Ada kemungkinan Proton bisa meminjam mesin Vitara S, 1.4-liter turbocharged yang menawarkan tenaga hingga 140 hp dan 220 Nm.

(ton)
​