facebook pixel

Cara Mudah Bersihkan Plafon Mobil dengan Alat Sederhana

Ilustrasi membersihkan atap mobil (Otosite)

Ilustrasi membersihkan atap mobil (Otosite)

JAKARTA - Salah satu bagian interior mobil yang selalu jarang diperhatikan kebersihannya adalah plafon. Bahkan, bagian atap mobil ini sering ditemui dalam keadaan kusam setelah beberapa lama tidak dibersihkan.

Bagian plafon yang terlihat kusam, sering ditemui di bagian sisi samping atap. Selain berasal dari debu, kotoran tersebut biasanya juga berasal dari bercak tangan saat mencuci bagian atap eksterior mobil.

Menurut Taufik, dari bengkel Mirza Autocare, kotoran bisa berasal dari bercak tangan saat mencuci. Terkadang saat membersihkan bagian atap mobil, tangan bertumpu di bagian atap dalam.

"Sedangkan atap bagian interior mobil memiliki lapisan bahan fabric berserat yang dapat menyerap air dan kotoran," ujarnya.

Untuk membersihkan atap yang kotor tersebut, ada cara mudah yang bisa dilakukan dengan alat sederhana, yakni cukup menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut dan detergen. Meski demikian, ada cara khusus agar saat membersihkan kotoran tidak menyebar.

Pada saat membersihkan, gunakan sikat gigi dengan detergen yang telah dicampur air. Usahakan air yang terdapat di bulu sikat gigi tidak banyak, agar saat menyikat kandungan air tidak membuat kotoran menyebar.

Cara menyikatnya pun harus searah dan perlahan agar kotoran yang menempel pada bahan fabric berserat dapat hilang. Saat kotoran tidak lagi menempel, bersihkan menggunakan lap kering.

(ton)
  • techno user tegas anggara
    tegas anggara • 2bulan lalu
    tips yang bagus karena plafon mobil jarang dibersihkan walaupun keliatan bersih tapi pasti ada debu yang menempel sehingga harus dibersihkan supaya udara didalam kabin nyaman
    Beri Tanggapan