Disiplin, Kunci Indah Lutfiya Jadi Lulusan Terbaik di Unair

Foto: Dok Unair

Foto: Dok Unair

JAKARTA - Meraih IPK tinggi di hari kelulusan sudah menjadi target banyak mahasiswa. Namun, di antara banyaknya peraih IPK tinggi, hanya segelintir yang mampu menyandang predikat lulusan atau wisudawan terbaik. Hal itulah yang kini dirasakan oleh Indah Lutfiya.

Indah Lutfiya merupakan mahasiswi S-1 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair). Gadis asal Jombang, Jawa Timur itu mampu meraih IPK 3,88 sekaligus menjadi wisudawan terbaik di fakultasnya. Baginya, prestasi tersebut tak lepas dari sikap disiplin yang ia lakukan dalam menjalani rangkaian kegiatan perkuliahan.

"Kunci utama yang harus dilakukan dalam mencetak keberhasilan ini yaitu harus membuat timeline kegiatan dan membuat rencana target dalam hidup," tuturnya dilansir dari laman Unair, Rabu (19/10/2016).

Tak hanya disiplin, Indah mengungkapkan, mahasiswa harus fokus dan konsisten dengan timeline yang sudah dibuat. Jika rencana tersebut tidak tercapai, maka harus ada planning lain.

"Sehingga tidak stagnan di tengah jalan," ucapnya.

Selama kuliah, Indah juga aktif mengikuti berbagai organisasi mahasiswa, seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) MAPANZA dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM. Sebagai mahasiswa, cewek berkerudung ini ingin sebisa mungkin bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

"Never stop to learn and share your life by giving to each other," sebutnya.

Menjadi wisudawan terbaik, nyatanya Indah sudah berhasil mencetak prestasi sejak masih duduk di bangku SMA. Di antaranya, dia pernah memperoleh Juara II Kelas Paralel se-SMAN III Jombang dan Juara II Cerdas Cermat lomba UKS se-Kabupaten Jombang 2010.

Sedangkan ketika mahasiswa Indah lolos Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang membahas tentang kusta. PKM tersebut kemudian berhasil didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) 2014.

(sus)
  • techno user santi hastuti
    santi hastuti • 2bulan lalu
    selain displin yang paling utama ialah niat semua kalau tanpa niat pasti tidak akan terwujud apalagi malas
    Beri Tanggapan
breaking news x