Dies Natalies UIN Ar-Raniry Diwarnai Aksi Protes hingga Tembakan

Foto: Rayful/Okezone

Foto: Rayful/Okezone

BANDAACEH - Puncak peringatan ulang tahun (dies natalies) ke-53 UIN Ar-Raniry diwarnai aksi demonstrasi ratusan mahasiswa kampus setempat. Bahkan aksi yang berlangsung ricuh tersebut membuat aparat kepolisian melepas tiga kali tembakan ke udara.

Puncak acara peringatan dies natalies tersebut dipusatkan di Auditorium Ali Hasjmy. Gubernur Aceh Zaini Abdullah turut menghadiri peringatan yang berlangsung sekira pukul 10.00 WIB.

Ratusan mahasiswa yang menggunakan baju almamater UIN memaksa masuk ke dalam auditorium. Namun sejumlah satpam menghadang demonstran dan tidak mengizinkan masuk ke dalam lokasi acara.

Karena kericuhan yang tak terelakkan, polisi terpaksa melepas tiga kali tembakan ke udara untuk meredam aksi tersebut.

Demostrasi tersebut dipicu protes mahasiswa yang menolak pemenang lomba desain logo baru UIN Ar-Raniry. Logo baru tersebut rencananya akan digunakan sebagai ikon baru kampus Jantong Hate Rakyat Aceh tersebut. Mahasiswa menyebut logo tersebut jauh dari unsur keacehan.

“Kami juga menolak parkir elektronik. Karena kami harus bayar setiap hari namun pada saat kendaraan kami hilang tidak ada yang tanggung jawab,” kata Wakil Presiden UIN Ar-Raniry, Misran saat melakukan aksi.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Farid Wajdi Ibrahim kemudian menemui mahasiswa. Dia mengatakan akan menampung segala masukan untuk kebaikan kampus di masa mendatang.

“Kita akan menampung seluruh aspirasi mahasiswa. Kita juga akan merembuk lagi. Kalau logo akan kita modifikasi lagi. Terkait parkir elektronik, itu baru sebatas wacana. Kalau tidak setuju, tidak kita lanjutkan lagi,” pungkasnya. 

(sus)
breaking news x