Aturan di Kampus Ini Bikin Mahasiswa Frustasi

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Banyak yang berpikir bahwa setelah kuliah para mahasiswa tak lagi dibelenggu oleh peraturan atau tata tertib sekolah yang cukup banyak dan harus dipatuhi. Di kampus, mahasiswa lebih bebas dalam mengekspresikan dan mengembangkan diri, sepanjang hal tersebut positif dan tak melanggar norma yang berlaku.

Namun, ternyata di beberapa kampus masih terdapat beberapa aturan yang justru membuat mahasiswa tertekan dan merasa frustasi. Dikutip dari Indiatimes, berikut ini sembilan aturan di beberapa kampus yang ada di India.

1. Tidak boleh bicara dengan lawan jenis 

Aturan ini terdapat di Satyabhama University di Chennai. Kampus menilai bahwa berbicara antara lawan jenis bisa merusak pikiran. Peraturan ini berlaku baik di kelas, maupun di sekitar kampus. Jika tidak patuh, orangtua mahasiswa akan dipanggil oleh kampus.

2. Tidak boleh berjenggot

Masih di kampus yang sama, para mahasiswa laki-laki tak boleh memelihara jenggot. Tak hanya itu, mereka juga tidak diperbolehkan mencukur rambut dengan gaya modis.

3. Mahasiswa laki-laki dan perempuan duduk terpisah di kelas atau di bus

Aturan ini ada di beberapa kampus di Chennai. Mahasiswa teknik dilarang duduk berdampingan dengan lawan jenis. Mereka harus duduk terpisah. Bahkan, beberapa perguruan tinggi menaruh tangga pembatas untuk laki-laki dan perempuan sehingga mereka tak bisa melihat satu sama lain.

4. Tak boleh memakai jeans dan kaos

Beberapa perguruan tinggi memang masih menerapkan aturan berpakaian bahkan seragam. Seperti di EMD College di Chennai akan memberhentikan dosen yang memakai celana jeans ke kampus. Hal tersebut juga terjadi di kampus yang ada di Haryana, di mana empat mahasiswa didenda lantaran masuk kelas memakai kaos dan jeans. Pihak kampus pun akhirnya memberlakukan baju seragam yang harus dikenakan setiap hari.

5. Denda uang

Beberapa kampus memberlakukan denda bagi dosen yang tidak memberikan nilai atau tertidur saat mengajar.

6. Tidak boleh pakai nada dering romantis

Penggunaan telefon genggam diperbolehkan, namun tidak boleh menggunakan nada dering romantis. Aturan ini ada di Panimalar Institute of Technology.

7. Channel TV terbatas

Tempat tinggal mahasiswa di Karnatak University hanya mendapat satu saluran televisi, yakni Doordarshan. Mereka percaya bahwa hanya saluran milik negara yang bisa dipercaya.

8. Tak boleh rayakan ulang tahun di asrama

V.I.T University melarang mahasiswanya merayakan pesta ulang tahun di asrama. Mereka harus keluar dari kawasan asrama jika ingin merayakan ulang tahun.

9. Membawa peralatan listrik ke asrama

Asrama mahasiswa Global Group of Institutions tidak memperbolehkan mahasiswa membawa alat-alat listrik seperti TV, pemanas, setrikaan, oven, dan lain sebagainya di kamar.

(sus)
breaking news x