Mahasiswa Belum Sadar Pentingnya Sertifikasi Profesi

Foto: Dok UNY

Foto: Dok UNY

JAKARTA - Sertifikasi profesi menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki saat ini. Pasalnya dengan sertifikasi profesi tersebut skill yang dimiliki telah diakui sehingga bisa berkompetensi dengan masyarakat dari negara lainnya.

Apalagi saat sudah masuk era globalisasi, dimana Indonesia menjadi anggota dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sehingga membuat negara harus bisa bersaing, salah satunya adalah pada tenaga kerjanya.

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum sadar mengenai pentingnya memiliki sertifikat profesi tersebut, termasuk mahasiswa.

Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Sugiarto menjelaskan bahwa untuk berkompetensi dibutuhkan kompeten.

"Untuk berkompetisi dibutuhkan kompetensi oleh karena itu diperlukan sertifikasi," ungkapnya seperti dinukil dari laman Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa (18/10/2016).

Sementara itu, perwakilan Badan Perencanaan dan Harmonisasi Kelembagaan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Bonardo Aldo Tobing menambahkan jika negara Asean telah berkomitmen untuk dalam hal keterampilan yang dibutuhkan.

"Faktanya adalah komitmen negara-negara ASEAN hanya terkait pergerakan tenaga kerja terampil seperti akuntan, perawat, arsitek, praktisi medis, insinyur, dokter gigi, tenaga survei, dan tenaga pariwisata,” tambahnya.

(sus)
breaking news x