Minum Susu hingga Bermain Bola Jadi Larangan Aneh di Sekolah

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Peraturan sekolah dibuat untuk membuat siswa lebih disiplin selama mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Lantaran bersifat wajib, para siswa yang tak taat aturan pun harus menjalani hukuman yang berlaku.

Kendati demikian, beberapa sekolah di dunia menerapkan aturan yang kurang lazim dari biasanya. Dilansir dari Huffingtinpost, berikut ini aturan-aturan aneh, namun pada akhirnya demi kebaikan siswa itu sendiri.

1. Berpegangan tangan

Sekolah di Tennessee sempat mendeklarasikan bahwa berpegangan tangan termasuk aktivitas seksual yang harus dihadapi dan ditindak oleh guru.

2. Berpelukan

Sekolah di Portland dan Florida mulai menjalankan aturan dilarang berpelukan sejak 2010. Kemudian diikuti oleh beberapa sekolah lainnya di New Jersey dan Brooklyn pada 2012. Alasan larangan ini, yakni untuk menghormati privasi dan interaksi yang tidak diharapkan antarsiswa.

3. Pakai kendaraan ke sekolah

Mengendarai sepeda atau skateboard ke sekolah sudah menjadi hal yang wajar bagi siswa. Sedangkan salah satu sekolah di New York justru menganggap hal tersebut ilegal. Sedangkan sekolah ortodoks lainnya tidak setuju dengan kebebasan menggunakan roda dua ke sekolah.

4. Bawa tas ke kelas

Salah satu sekolah di Michigan melarang siswa membawa tas ke kelas. Sehingga, para siswa diminta kembali ke loker masing-masing untuk mengambil buku di setiap pergantian pelajaran. Sekolah menilai aturan ini demi keamanan di kelas dan ruang makan.

5. Penjual kue

Sebuah sekolah Massachusetts berusaha untuk melarang penjualan kue di sekolah atas dasar kurangnya kandungan gizi.

6. Memakai make up

Seorang siswa 13 tahun di Ohio diminta pulang dari sekolah lantaran memakai lipstik berwarna gelap, berikut riasan mata dan kuku. Sekolah memiliki aturan bagi siswa yang memakai make up secara ekstrim.

7. Celana ketat

Sekolah di Ottawa melarang siswa memakai celana ketat seperti celana yoga. Jika ingin mengenakannya, mereka diminta melapisi dengan rok untuk menutupi bagian pantat yang ketat. Celana lain yang biasanya dilarang digunakan, yaitu celana baggy dan skinny jeans.

8. Minum susu

Hampir setiap sekolah menyediakan susu dalam menu makan siang siswa. Tetapi beberapa sekolah di Amerika justru membuat petisi menghilangkan menu susu dengan alasan kadar gula dan protein hewani yang tinggi sehingga tidak berfungsi sebagai pelindung atau kesehatan tulang.

9. Main bola

Bermain bola menjadi aktivitas yang menyenangkan saat istirahat. Namun sebuah sekolah di Toronto melarang siswa menggunakan bola termasuk propertinya dengan alasan ada orangtua yang gegar otak lantaran terkena lemparan bola.

(sus)
breaking news x