Putin dan Erdogan Bahas Strategi Akhiri Konflik Suriah

Presiden Putin dan Erdogan (Foto: AA)

Presiden Putin dan Erdogan (Foto: AA)

ANKARA – Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan diskusi membahas perkembangan terkini perang di Suriah. Menurut sumber kepresidenan Turki, diskusi tersebut dilakukan melalui sambungan telefon.

Dalam diskusi tersebut, pemimpin kedua negara tidak hanya mendiskusikan situasi Suriah, mereka juga membahas sejumlah masalah di antaranya adalah situasi Irak, perang melawan teror, hubungan bilateral dan isu-isu regional. Demikian sebagaimana dilansir Memo, Rabu (19/10/2016).

Selain membahas perang terorisme, Presiden Erdogan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Presiden Putin dalam konferensi energi yang diadakan di Istanbul pekan lalu.

Dalam konteks Suriah, Presiden Putin dan Erdogan membahas bagaimana strategi untuk mengakhiri konflik di Aleppo dan cara memberikan bantuan kemanusiaan kepada pihak yang membutuhkan di daerah bagian utara.

Sejak awal 2011, Suriah terlibat dalam perang saudara saat rezim Presiden Bashar Al Assad menumpas para pemberontak. Sejak saat itu, perang di Suriah telah mengakibatkan ribuan warga sipil meninggal dunia dan mengungsi ke sejumlah negara termasuk negara-negara maju di Eropa.   

(FIK)
breaking news x